Minggu, 17 Februari 2013

MISTERI SEBUAH UMUR

Umur manusia adalah perkara ghaib dan merupakan rahasia Allah Ta'ala. Tak seorangpun tahu berapa panjang usia yang dijatahkan untuknya

Usia umat Rasulullah Shallallahu'alahi Wassalam tidaklah sepanjang usia umat-umat terdahulu. Dalam sebuah hadist disebutkan, usia mereka umumnya antara 60 sampai 70 tahun.

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wassalam pernah mengadukan pendeknya usia umat beliau itu kepada Allah Ta'ala. Dengan penuh kasih, Allah Ta'ala menjelaskan, meski usia umat Islam lebih pendek dari umat lain, Allah Ta'ala telah menganugrahkan banyak keutamaan. Diantaranya Lailatul Qadar, malam yang nilainya lebih dari seribu bulan.

Masa muda dan masa dewasa merupakan fase terpenting dalam kehidupan manusia. Mengenai pentingnya masa muda, seorang bijak mengatakan, "Jika engkau tak bisa meraih kemuliaan di hari mudamu, tak akan mulia hidupnya sampai tua".

Yang sangat penting diingat, setiap orang akan diminta pertanggungjawaban tengtang umur yang dianugrahkan kepadanya. Rasulullah Shallallahu'alaihi wassalam bersabda, "Tak akan bergeser kedua kaki manusia pada hari kiamat sampai selesai ditanya tentang empat perkara, yaitu tentang umurnya, dihabiskan untuk apa; tentang masa mudanya, dipergunakan untuk apa;tentang hartanya, dari mana diperoleh dan untuk apa dibelanjakan; dan tentang ilmunya, apakah sudah diamalkan". (HR At-Tarmidzi)

Apakah kita tidak sadar kalau maut itu selalu mengintai kita tiap saat? Maut tidak pernah pilih kasih kepada siapa saja ia mesti datang. Tidak peduli ia sehat atau sakit tidak peduli ia seorang anak pemuda atau orang tua kalau sudah datang ajalnya pasti maut akan menjemput tanpa permisi lagi. Karena itulah mari kita jadikan sisa umur kita lbh berarti. Kita jadikan sisa nafas kita ini bermanfaat bagi akhirat kita.Kita bersyukur kepada Allah krn sampai saat ini kita masih diberikan ni’mat umur kita sangat berterima-kasih kepada Allah krn sampai detik ini kita masih bisa menghirup udara kehidupan.

Namun pernahkah kita berfikir berapa persenkah dari umur kita yg bernilai dan berharga? Pernahkah kita merenung berapa persen dari usia kita yg telah kita siapkan utk akhirat kita? Maka seorang muslim akan kembali menengok kepada tujuan asasi diciptakannya manusia. Ia akan menuju kepada orientasi hidup sebenarnya yaitu ibadah kepada Allah ?

Subhanallah
Semoga Allah senantiasa memberkahi sisa umur kita sahabat
Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar