Minggu, 17 Februari 2013

Siapa Yang Salah atau Siapa Yang Benar ?

Semua manusia pasti melakukan kesalahan. entah kesalahan itu hanya berdampak pada dirinya saja atau bahkan berdampak kepada orang lain. ketika kesalahan itu hanya berdampak pada dirinya sendiri maka tidaklah sulit untuk menyelesaikannya. dengan menyesalinya dan bertaubat kepada Allah ta'ala.....

Akan tetapi jika kesalahan itu berdampak kepada orang lain, maka inilah kesulitan yang harus dihadapi. selain menyesali dan bertaubat kepada Allah, juga harus meminta maaf kepada orang yang bersangkutan. kewajiban orang yang salah kepada orang lain hanyalah meminta maaf, entah itu akan dimaafkan oleh yang bersangkutan atau tidak, bukanlah kewajiban orang yang melakukan kesalahan untuk memastikannya.

Jika memastikan bahwa orang yang disalahi telah memaafkan itu menjadi kewajiban orang yang berbuat salah, maka ini termasuk membebankan sesuatu yang tidak mungkin disanggupi. karena memberi maaf atau tidak adalah hak pribadi setiap individu. dan Islam hanya menganjurkan untuk memaafkan.

Allah berfirman :
فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَاسْمَعُوا وَأَطِيعُوا وَأَنْفِقُوا خَيْرًا لِأَنْفُسِكُمْ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Artinya : "Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu (untuk dunia danakheratmu). Dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung." (QS At-Taghabun : 16)

Semoga menjadikan kita pribadi yang senantiasa mudah dalam memberikan maaf dan menjadikan kita pribadi yang pemberani untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan kita kepada saudara,teman,kerabat atau yang lainnya.

Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar