Jumat, 15 Februari 2013

DIALOG SEORANG NENEK DENGAN CUCUNYA


Suatu sore, seorang remaja puteri yang masih duduk di kelas 1 SMP tengah bercengkrama dengan neneknya. Tiba-tiba si Cucu bertanya kepada Neneknya.

CUCU : Nek, boleh nanya nggak?
NENEK : Tentu boleh cucuku. Emang mau nanya apaan?

CUCU : Tapi nenek janji dulu ya. Janji jangan bilang-bilang sama ibu dan bapak.
NENEK : Iya-iya, nenek janji.

CUCU : Emm.. Gini nek. Dulu ibu sama bapak nikahnya pake pacaran nggak sih?
NENEK : Wah... Tumben nanyanya aneh gitu cucuku. Hayo lagi naksir cowok ya?

CUCU : Ih.. Si nenek. Bukannya jawab malah nanya balik lagi. Ayolah dijawab nek.
NENEK : Hmm.. Dengerin cucu ya. Dulu sebelum ibu dan bapakmu nikah, nenek juga pernah ditanya sama ibumu. Mirip sekali dengan pertanyaanmu. Nenek bilang sama ibumu dulu. Untuk apa berpacaran. Toh pacar juga belum tentu akan jadi suami. Nenek juga bilang sama ibumu, pacaran itu nggak baik. Hasilnya cuma numpukin dosa. Beruntung ibumu dulu nurut sama nenek. Nggak pernah pacaran termasuk sama bapakmu.

CUCU : Lah.. Terus gimana cara numbuhin cinta kalau tidak lewat pacaran nek?
NENEK : Cucuku, cinta itu bisa tumbuh kapan saja dan dimana saja. Tidak harus lewat pacaran. Kamu tahu sendiri kan? Coba lihat ibu dan bapakmu. Biarpun udah punya anak 3 tapi mereka tetap mesra dan makin saling sayang kan?

CUCU : Terus gimana dong kalau kalau nggak pacaran mana bisa dapat pasangan?
NENEK : Cucuku yang bandel.. Allah itu Maha Penyayang. Kalau Dia sudah berkehendak, yang tidak kenal sekalipun akan didekatkan. Tentu Dia selalu punya cara untuk mempertemukan dua insan kalau sudah ditakdirkan ada jodoh. Begitu pula sebaliknya, seperti yang cucu tanya, selama apapun dua orang berpacaran, itu bukan jaminan bahwa merekan bakal menikah kan? Sekarang bayangkan, lama pacaran, gak jadi nikahan. Gimana perasaannya coba. Padahal kamu tahu sendiri kan kelakuan anak muda kalau pacaran? Norma Agama malah ditentang. Alasan kadang cuma ingin kebebasan. Kalau sudah begini kejadiannya, siapa yang paling dirugikan? Tentu si cewek bukan? Apa kamu mau hal itu terjadi sama kamu?

CUCU : Tentu tidak dong nek!
NENEK : Nah gitu dong. Mending gak usah pacaran yah. Kamu harus menuntut ilmu yang banyak dulu. Biar gak seperti nenek yang bodoh ini.. Hhee

CUCU : Mmm, iya deh nek.
NENEK : Si nenek tersenyum senang (walaupun dalam hatinya menyisakan kekhawatiran pada cucu kesayangannya. Khawatir Kalau salah pergaulan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar